Wednesday, January 24, 2018

Mother Day, Menteri LHK: Menjaga Alam adalah Menjaga Ibu

22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Salah satu Menteri perempuan di Kabinet Kerja, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menulis serangkaian pesan di laman media sosialnya.

Terlihat ia tengah berada di Raja Ampat, Papua. Tatapannya jauh menikmati keindahan salah satu destinasi wisata alam Nasional kebanggaan Indonesia itu.

''Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat yang telah menjaga Hutan dan Laut. Terkhusus kepada masyarakat Papua, yang telah lama mengajarkan keyakinan pada kita semua, bahwa Tanah adalah Ibu bumi. Gunung adalah Kepala Ibu. Dataran rendah adalah Tubuh Ibu. Laut adalah Kaki Ibu.  Sungai adalah Darah Ibu,'' tulis Menteri Siti Nurbaya.

''Menjaga Alam adalah Menjaga Ibu,'' tutupnya.

Postingan inipun ramai mendapat tanggapan dari warganet. Menteri Siti Nurbaya memang diketahui tengah berada di Papua, untuk menghadiri peringatan Hari Ibu bersama Presiden Jokowi. Rencananya juga akan ada agenda membaca puisi, bersama dengan para Menteri perempuan lainnya di kabinet kerja.

Meski terkenal tegas dengan kebijakan-kebijakannya sebagai Menteri LHK, dalam kesehariannya sosok Menteri Siti Nurbaya ternyata sangat keibuan. Ia selalu meluangkan waktu untuk keluarga, meski agenda kerjanya nyaris selalu padat.

Hal ini bisa terlihat dari postingan-postingan di laman media sosialnya. Salah satunya ketika ia menyempatkan waktu menemani tiga cucunya bermain ke mall pada hari libur. Menteri Siti bahkan tampak santai berbaur dengan masyarakat lainnya, tanpa ada pengawalan yang berarti layaknya seorang pejabat negara.

''Meluangkan waktu menemani cucu-cucu tersayang di hari libur. Bahagia yang sederhana itu saat berkumpul bersama keluarga,'' tulisnya sambil memposting foto sedang memeluk tiga cucunya.

Wujud cinta dan kasihnya sebagai Ibu, juga ditunjukkan apa adanya. Saat putri sulungnya Meitra Mividia Rachmanda memposting sebuah foto di laman medsos, Menteri Siti menyapa di kolom komentar.

''Kamu keliatan sedih Nak. Yang sabar ya, and keep high. Loving you never end,'' tulisnya mengungkapkan rasa sayang sebagai seorang Ibu.

Menteri Siti terlihat cukup aktif di media sosial. Selain memposting kegiatan kerja, ia juga memanfaatkan medsos untuk menyapa keluarga, sahabat dan masyarakat yang tidak sempat bertemu dikarenakan kesibukan.

Pada postingan lainnya, ia menuliskan bahwa tidak setiap saat kini bisa berkumpul bersama orang-orang terdekat. Ibu dua anak dan nenek dari tiga cucu ini memang dinilai salah satu menteri pekerja keras.

Mantan Menteri Lingkungan Hidup, Sarwono Kusumaatmadja menyebutnya sebagai Menteri yang banyak melahirkan kebijakan-kebijakan berani, namun lebih banyak memilih bekerja dalam sunyi alias tanpa pencitraan.

''Saya melihat banyak sekali perubahan yang dilakukan Menteri Siti Nurbaya. Saya tahu sekali, dia bekerja keras siang dan malam nyaris tanpa henti. Kebijakan-kebijakannya saya nilai berani, dan wajar bila ada pihak-pihak yang merasa terganggu,'' ujar Sarwono.(^^)