Saturday, August 19, 2017

Pesan Khusus Menteri LHK di Hari Raya Idul Fitri 1438 H


MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, menyampaikan pesan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Ia mengajak pemudik yang merayakan lebaran di kampung halaman, untuk ikut menyampaikan pesan kepedulian menjaga hutan dan lingkungan.

"Hari kemenangan bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa, telah tiba. Mari lengkapi nilai ibadah dengan menyampaikan pesan peduli hutan dan lingkungan, pada siapa saja untuk masa depan kita," kata Menteri Siti dalam rilis yang disampaikan Sabtu (24/6/2017).

Menanam dan menjaga pohon adalah upaya nyata yang bisa dilakukan siapa saja, sebagai bentuk kepedulian pada bumi, terutama dalam mengatasi dampak perubahan iklim yang kian nyata.

"Minimal tanamlah dan jaga 25 pohon sepanjang hidup, untuk kelestarian alam. InsyaAllah akan menjadi penambah nilai ibadah dan bermanfaat bagi anak cucu kita nanti," pesannya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat saat berangkat dan pulang mudik, tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Jikapun tidak menemukan tempat sampah di area yang dilewati, diimbau pemudik untuk menyimpan dulu sampah mereka sebelum membuang pada tempat sampah terdekat.

"Kebersihan sebagian dari iman. Sempurnakan kebahagiaan berhari raya dengan menjaga kebersihan di sepanjang perjalanan,'' imbaunya.

Sampah-sampah yang sering dibuang di sepanjang jalur mudik, tidak hanya mengganggu pemandangan, namun juga berdampak buruk bagi lingkungan. Karena sebagian besar terdiri dari sampah plastik yang sulit terurai.

"Lakukan tindakan sekecil apapun untuk menyelamatkan lingkungan kita. Mulailah dari diri sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat," katanya.

Disampaikannya juga bahwa jajaran KLHK tetap diinstruksikan waspada dalam mengatasi dampak musim kemarau yang bisa memicu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Tim di lapangan kata Menteri Siti, tidak mengenal hari libur untuk menjaga langit Indonesia tetap biru tanpa kabut asap.

Sebagai penutup, Menteri Siti pun menyampaikan pesan khusus untuk semua masyarakat Indonesia yang sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri.

"Titip salam saya untuk seluruh keluarga. Taqobbalallahu minna wa minkum. Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin 1438 H," ujarnya.(*)
Website dibuat oleh NiagaWebsite.com